-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARA SULAWESI | Berita Sulawesi Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Follow us on

    Upacara Ngaben Umat Hindu Di Pertasi Kencana Dihadiri Bupati

    SuaraSulawesi.com
    Kamis, 11 Juli 2019, 16:51 WIB Last Updated 2019-08-09T07:10:06Z

    LUWU POS ■ Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thorig Husler menghadiri pemakaman salah satu warga Desa Pertasi Kencana, Kecamatan Kalaena dengan ritual upacara Ngaben, Rabu (10/07/2019).

    Turut mendampingi Bupati tampak pejabat muspika seperti Camat Kalaena, Alimuddin Bachtiar, Kepala Desa Pertasi Kencana dan Tokoh masyarakat.

    Jenazah warga pertasi yang bernama Ketut Dore yang dikunjungi 104 tahun diantar perdebatan kerabat dan pemakaman di Umat Hindu, Desa Pertasi Kencana. Dalam kepercayaan umat Hindu, Upacara Ngaben mendukung untuk mengembalikan 5 pada manusia yang meninggal, yaitu api, udara, tanah, udara, dan hampa udara (eter).

    Prosesi persiapan pemakaman mulai dari sesajen, persiapan biaya pemakaman, hingga prosesi pembakaran jenazah dalam upacara Ngaben telah dilakukan oleh pihak keluarga.

    Kehadiran Bupati Luwu Timur untuk menunjukkan pemerintah peduli dan hadir ditengah masyarakat yang sedang mengadakan upacara ngaben. Selain memberikan dukungan moril dan doa demi keberhasilannya seluruh rangkaian upacara ngaben.

    Thorig Husler menyampaikan rasa kepada keluarga yang dikirim. Disamping itu, Pemerintah daerah juga akan membantu perbaikan jalan menuju lokasi pemakaman umat Hindu di Desa Pertasi kencana.

    “Terima kasih telah memberikan kesempatan bersilaturahmi dengan ayah / ibu sekalian. Sekali lagi saya membahas pesan upacara ngaben ini, ada pesan kebersamaan di sini. Terkait, sesuatu yang berat, akan terasa ringan kita bisa dilakukan dengan kebersamaan,” tutup Husler.

    ■ rls
    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU