-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARA SULAWESI | Berita Sulawesi Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Follow us on

    Uniknya Kreasi Lampu Hias Dari Bulukumba, Kini Banjir Pesanan

    SuaraSulawesi.com
    Minggu, 29 September 2019, 01:06 WIB Last Updated 2019-09-28T18:06:46Z
    Uniknya Kreasi Lampu Hias Dari Bulukumba, Kini Banjir Pesanan

    JBN.CO.ID ■ Lampu hias merupakan salah satu ornamen yang menjadi penghias ruangan. Ornamen ini biasa dipajang di kamar tidur ataupun ruang keluarga.

    Pada umumnya ornamen ini terbuat dari bahan-bahan seperti kaca, kristal dari plastik, ataupun stainless steel. Lalu apa jadinya jika lampu hias terbuat dari bambu?

    Kreasi unik ini dibuat oleh sekumpulan anak muda kahayya, kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba. Lewat mereka 'KADIR', beragam jenis lampu hias yang terbuat dari bambu di ciptakan oleh mereka. Sebut saja lampu duduk, lampu tempel maupun lampu gantung.

    Kadir, salah satu pengelola menuturkan usaha pembuatan lampu hias ini baru dijalani sekitar 3.5 bulan lalu. Bambu yang dimanfaatkan dalam berbagai kegunaannya, salah satunya diaplikasikan dalam pengaplikasian lampu hias dengan memanfaatkan keunggulan dan kualitas bambu.

    Menurut kadir, proses pembuatan lampu hias ini seluruhnya dilakukan secara manual. Sehingga setiap detail pengerjaannya dibuat dari ketelitian tangan seniman.

    "Bambu ini tergantung kita mau bikin seperti apa, tergantung desain. Semua dibikin dengan cara manual, tidak menggunakan mesin. Jadi ini sangat membutuhkan keterampilan dari senimannya," ujar Kadir saat saya temui di panggun senandung kopi kayayya, belum lama ini.

    Menurut Kadir, untuk bahan dasar pembuatan lampu hias ini tidak terlalu sulit. Pihaknya menggunakan alat khusus untuk membuat lampu hias ini. Dalam sepekan, Kadir mengaku dapat memproduksi 3 -8 pieces lampu hias.

    Adapun untuk harga satu pieces dijual dengan kisaran harga Rp 200 - 400 ribu. Menurut Kadir harga lampu hias disesuaikan dengan tingkat kerumitan pembuatannya.

    "Untuk yang Rp 200 ribu itu untuk lampu duduk atau lampu tempel. Kalau yang harganya Rp 400 ribu itu untuk lampu gantung," ungkapnya.

    Adapun untuk pemesanan sendiri kata Kadir dapat dilakukan by order. Dia memanfaatkan media sosial untuk pemasarannya.

    Jika Anda ingin melihat-lihat lampu hias kreasi anak desa kahayya dapat mengunjungi nomor:
    WA +62 815-2898-8854.

    ■ Muh Yunus
    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU