-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARA SULAWESI | Berita Sulawesi Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Follow us on

    Kades Jemput Bola, Warga Desa Kahayya Tak Perlu ke Kota Urus Dokumen Kependudukan

    SuaraSulawesi.com
    Jumat, 04 Oktober 2019, 20:12 WIB Last Updated 2019-10-04T13:12:52Z

    JBN.CO.ID ■ Masyarakat Desa Kahayya kini makin mudah saat mengurus Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran. Pasalnya, warga yang jauh dari kota tak perlu ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk mengurus dokumen tersebut.

    Sebab, terhitung mulai  (3O/9/2019) s/d 3/10/2019 Desa Kahayya sudah dapat mengurus dua dokumen tersebut, baik untuk membuat dokumen baru maupun ketika ada perubahan.

    Kepala Desa Kahayya Abdul Rahman mengatakan sudah empat hari (4) mengurus Kependudukan warganya di Pencatatan Sipil Kabupaten Bulukumba.

    Menurutnya, langkah jemput bola ini merupakan bentuk pelayanan kepada warga.

    Selain dua kepengurusan dokumen tersebut sudah bisa diurus, warga juga dimudahkan dengan mengajukan perubahan data baru terkait dokumen kependudukan.

    "Jadi, dengan adanya kemudahan itu, masyarakat tidak perlu lagi ke Catatan Sipil (CAPIL)," kata Abdul Rahman.

    Dia menjelaskan, untuk Kartu Keluarga (KK) dan Akte kelahiran sudah bisa urus di capil dan warga bisa mengurus dokumen tersebut. "Saya sudah buat kerjasama dengan capil di bidang kerjasama untuk membantu warga," imbuhnya.

    Menurut Kades, KK warga Desa Kahayya sudah hampir rampung, yang sudah memiliki KK baru dan sudah mencapai 95 persen. sedangkan yang sudah perekaman 90 % juga. Tinggal yang merantau, yang cacat dan yang tua renta belum melakukan perekaman.

    "Semua sudah bisa diurus di atas kerja sama di berikan oleh catatan Sipil (CAPIL). Jika tidak ada masalah, maksimal 1 minggu sudah jadi," ungkapnya.

    Abdul Rahman menambahkan, jika semua berkas sudah diterima pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka selanjutnya akan dilengkapi, termasuk penandatanganan.

    ■ Lp/Muh Yunus


    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU