-->

Kamis, 04 Juni 2020

Petani Rumput Laut Selayar Minta Perhatian Pemerintah

  Petani Rumput Laut Selayar Minta Perhatian Pemerintah


JBN NEWS ■ Warga Desa Tambolongan, Kec. Bontosikuyu, Kab. Kep. Selayar kian optimis dengan perkembangan rumput laut. Jumlah warga yang menekuninya juga terus bertambah, sejalan dengan hasilnya yang semakin menjanjikan.

Demmatarang adalah petani yang pertama kali berhasil membudidayakan rumput laut, di dusun tangnga-tangnga, Desa Tambolongan. Bermodalkan rumput laut yang jatuh dan dipungutnya dari atas kapal.

"Awalnya ada kapal yang memuat rumput laut dari Benteng ke Tambolongan, setelah sampai di Tambolongan ada yang jatuh dan keluar dari karung, nah itulah yang saya pungut, kasih masuk dalam gabus lalu saya bawa pulang. Lalu mencari tali dilaut untuk saya sambung dan saya tidak menyangka 1 bulan kemudian, rumput laut yang saya tanam hanya 5 bentangan berkembang dengan pesat," ungkap, Demmatarang, pada Rabu, (3/6/2020).

Kurang dari setahun dan berkat Demmatarang, kini kebanyakan masyarakat Desa Tambolongan beralih profesi menjadi petani rumput laut dan sudah berhasil menghasilkan puluhan ton.

"Saya ajak masyakarat untuk mengembangkan pembudidayaan rumput laut, karena mata pencairan nelayan dengan memancing ikan tidak bisa menjanjikan lagi untuk kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Para petani rumput laut berharap kepada pemerintah dan dinas terkait bisa memberikan perhatian, atas apa yang telah mereka usahakan demi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di desa Tambolongan. 

■ Ircak/SP

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SUARA SULAWESI | Berita Sulawesi Hari Ini | All Right Reserved