-->

Selasa, 26 April 2022

Produk UMKM Desa Tanamalala Merambah NTT, Abon Ikan dan Keripik Singkong Jadi Unggulan

   Produk UMKM Desa Tanamalala Merambah NTT, Abon Ikan dan Keripik Singkong Jadi Unggulan


SUARASULAWESI.Com, SELAYAR — Diam-diam, beberapa varian produk olahan UMKM Desa Tanamalala, Kecamatan Pasimasunggu, Kepulauan Selayar penjualannya sudah merambah hingga luar provinsi, seperti ke NTT.

Produk olahan berupa keripik singkong ini ternyata cukup diminati di NTT dan perkembangannya menunjukkan peluang usaha yang menjanjikan.

Demikian hal tersebut disampaikan Kepala Desa Tanamalala, Nurdin MS melalui Bendahara Desa Tanamalala, Ode Abdul Malik kepada Redaksi BDS Selayar, pada Selasa (26/4).

"Kita selama ini suplay ke NTT pak, meski kemasannya masih konvesional," jelas Malik.

"Harga per bungkusnya Rp. 6000, tapi itu variatif, karena harga jual ketika dikirimke NTT sama ke Benteng Selayar, tentu berbeda," imbuhnya.

Malik menyebutkan, Pemdes Tanamalala baru-baru ini mendatangkan mentor UMKM guna memberi pelatihan dan asupan ilmu terkait kemasan dalam prodak ini.

"Data yang ada di Desa sedikitnya ada 6 kelompok pelaku pengrajin kuliner dan UMKM ini masih aktif. InshaAllah kedepan akan bertambah," papar Malik antusias.

Pasalnya, lanjut Malik, selain ada pelatihan untuk prodak abon ikan dan keripik singkong, pihaknya juga telah memesan peralatan mesin pendukung olahan keripik singkong. 

"Kita sudah pesan mesin paruk, harganya sekitar 1 jutaan per unit, itu belum termasuk generator. Yah, kalau ditotal sekitar 3jutaan pak," ujarnya.

Ketika ditanya kendala yang dihadapi dalam mengembangkan produk makanan olahan unggulan Desa Tanamalala ini, Malik mengaku belum ada kendala berarti. Hanya saja ketika diniatkan untuk dikembangkan dengan tata kelola manajemen yang profesional, pihaknya menyebut masih minimnya permodalan.



"Sebenarnya, pernah ada upaya kita ke Bank BRI, barangkali ada semacam kridit lunak yang bisa mendukung UMKM disini," harapnya.

Data yang diterima BDS Selayar, Desa Tanamalala terdiri dari 4 dusun yakni Dusun Tanjung Lasore, Dusun Tanjung Bone, Dusun Jailamu, dan Dusun Tanjung Karang yang lokasinya terpisah dari pulau utama. 

Berdasarkan informasi dari kantor Kepala Desa, jumlah penduduk sebesar 784 jiwa (berdasarkan Sensus 2021, red) yang terdiri dari 402 penduduk berjenis kelamin laki-laki dan 382 penduduk berjenis kelamin perempuan. 

Fasilitas umum yang terdapat di desa Tanamalala terdiri dari tempat peribadatan, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan dan fasilitas listrik.

"Mata pencaharian warga Desa Tanamalala mayoritas adalah nelayan, selain bertani seperti jambu mente, kelapa dan ubi kayu," ungkap Malik.


Bantuan BLT DD Tahap 1 Cair

Pada hari ini, Selasa, tanggal 26 April 2022, Kades Tanamalala melaksanakan giat penyaluran Bantuan Lansung Tunai (BLT) untuk Bulan Januari, Februari dan Maret Tahun Anggaran 2022.

Ada tercatat sekitar 109 KPM yang menerima BLT DD Tahap 1 ini, dan merupakan warga dari 4 dusun yang ada di Desa Tanamalala, dengan uang tunai yang diterima sebesar Rp. 900ribu/KK.

(BDS )

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SUARA SULAWESI | Berita Sulawesi Hari Ini | All Right Reserved