-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARA SULAWESI | Berita Sulawesi Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Follow us on

    Ratusan Kader HMI Komisariat Fakultas Kedokteran Gigi Unhas Gelar Kerja Sosial di Kepulauan Selayar

    REDAKSI
    Senin, 08 Agustus 2022, 18:39 WIB Last Updated 2022-08-08T11:39:39Z

    SUARASULAWESI.Com, Selayar - Sebanyak 115 orang dari Himpunan mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin Cabang Makassar Timur akan menggelar Kerja Sosia di Kabupaten Kepulauan Selayar. Hal itu diketahui saat berlangsung pembukaan secara serimonial di Aula Pendopo Rujab Bupati lama, Senin (8/8/2022). 

    Terlihat ratusan tim dari FKG Unhas yang sebelumnya bertolak dari Makassar pada Minggu malam, selanjutnya menyebrang dari pelabuhan Bira Bulukumba dengan menggunakan Ferry pertama menuju pelabuhan Pamatata Selayar dan langsung menuju lokasi pembukaan. 

    Sebagaimana diketahui, kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari yakni mulai tanggal 8 - 12 Agustus 2022 dan menempati 6 Kecamatan Daratan Kepulauan Selayar. Dengan jenis kegiatan antara lain; Penyuluhan, Pengobatan dan pembersihan karang gigi. Adapun kegiatan ini mengangkat tema " Maeki simkaseang na samaturu wujudkan senyum sehat dengan bakti nyata HMI di Bumi Tanadoang. 

    Ketua panitia Muhammad Arif Aryadifa dalam laporannya menyampaikan bahwa tim yang hadir akan terbagi rata di 9 posko inap di 6 kecamatan daratan Kepulauan Selayar. Kendati sebelumnya panitia juga bermaksud untuk menempati 3 kecamatan di Kepulauan yakni Taka Bonerate, Pasimasunggu dan Pasimasunggu Timur. Namun karena pertimbangan cuaca sehingga harus dibatalkan kemudian mengisi posko di daratan.


    "Jadi karena itu ada 2 tim yang telah menempati 1 kecamatan di daratan dengan masa kerja masing-masing 3 hari. Misalnya, kecamatan Bontoharu ada 2 tim, Bontosikuyu 2 tim dan kecamatan Bontomatene juga ada 2 tim," jelas Ketua Panitia Muhammad Arif Aryadifa.

    Pihaknya menegaskan bahwa kehadiran HMI FKG Unhas di bumi Tanadoang adalah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Tidak mempersoalkan baik daratan maupun di kepulauan.

    "Yang pastinya komitmen kami hadir di bumi Tanadoang untuk mengabdi melayani masyarakat dengan target minimal 1000 pasien," ujarnya.

    Selanjutnya, Ketua HMI Komisariat FKG Unhas M. Fadlan Faisal T. Syarkawi menyampaikan hormat dan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas sumbangsih dan konstribusi pemerintah daerah Selayar serta atas atensinya yang luar biasa sejak awal hingga menyambut kedatangan ratusan mahasiswa Islam di Selayar.

    Fadlan mengungkap, kegiatan kerja sosial ini merupakan program rutin yang telah direncanakan jauh hari sebelumnya oleh Komisariat sebagai bentuk implementasi Tri Dharma perguruan tinggi. Kemudian memilih kabupaten Kepulauan Selayar sebagai sasaran dalam kegiatan tersebut.

    "HMI sejak didirikannya telah berkomitmen untuk hadir menjadi harapan masyarakat Indonesia. Itu sebabnya mahasiswa yang terhimpun di dalamnya senantiasa menyisihkan waktunya turun ke masyarakat, melakukan kerja-kerja sosial seperti yang saat ini dilakukan oleh ratusan mahasiswa Islam Komisariat Kedokteran Gigi Unhas," ungkapnya.

    Tentu diharap kehadiran HMI di tengah-tengah masyarakat Selayar selama kurang lebih 3 hari kerja dapat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya pada persoalan kesehatan gigi dan mulut.

    "Mudah-mudahan kegiatan yang akan dilaksanakan ini berjalan sesuai apa yang direncanakan, serta dapat diridhoi Allah SWT," pungkasnya.

    Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Korps Alumni Himpunan mahasiswa Islam (KAHMI) Kepulauan Selayar. Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris KAHMI Muhammad Arsyad. 

    "Sebagai kader HMI tentu kami sangat apresiatif dan bersyukur menjadikan Selayar sebagai wilayah kerja. Kehadiran adek - adek HMI akan sangat membantu masyarakat Selayar," ujarnya. 

    Ia pun membeberkan jika kegiatan pengabdian HMI sesungguhnya bukan kali pertama dilakukan di Selayar, jauh sebelumnya acapkali dilakukan oleh senior-senior. 

    Olehnya itu, atas nama KAHMI dan mewakili Ketua yakni Dr. Marjani Sultan yang saat ini telah dipindahkan tugaskan ke Provinsi merespon positif kegiatan mahasiswa Islam Fakultas kedokteran gigi Unhas. Hal ini dibuktikan dengan mengawali proses sejak awal oleh teman KAHMI muda hingga hari ini dapat terlaksana dengan baik.

    "Tentu kami apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, terutama untuk pemerintah daerah yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Sinergitasnya ini membuktikan Pemda cukup maksimal sebagai tuan rumah," pungkasnya.

    Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif menyambut baik kedatangan 115 tim dari Himpunan Mahasiswa Islam Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin. 

    Pihaknya mengaku bahwa sejak awal berkoordinasi terkait kegiatan tersebut, spontan jiwa kekaderan HMI-nya kembali mendidih. Itu sebabnya, kata dia, kegiatan ini langsung diambil alih dan dipimpin langsung semua hal-hal serta kendala dilapangan.

    "Sejak awal mahasiswa HMI kedokteran Gigi ini datang bermaksud melakukan kegiatan, saya memimpin langsung kegiatan ini karena saya pun bagian daripada HMI," ungkap H. Saiful Arif.

    Ia pun bernostalgia saat awal berproses dalam organisasi tertua yang didirikan oleh Lafran Pane ini pada
    tanggal 14 Rabiul Awal 1366 H bertepatan dengan tanggal 5 Februari 1947. Sejak mulai ikut Basic Training hingga menjadi Ketua komisariat Fakultas Hukum UGM Jogjakarta  kemudian pindah menjadi Ketua Badan Komunikasi Pemuda Mesjid Indonesia di Jogjakarta.

    "Jadi itu sebabnya saya harus mengambil alih memimpin kegiatan ini karena bagian juga dari kader HMI. Terima kasih tak terhingga atas kehadirannya di Kepulauan Selayar. Mudah mudahan ini bukan yang terakhir diadakan di HMI," kata Wakil Bupati Kepulauan Selayar.

    Lebih lanjut, Wakil Bupati Kepulauan di dua periode ini mengatakan bahwa kesehatan Gigi dan mulut di Selayar masih perlu mendapatkan perhatian serius. Terlepas dari persepsi masyarakat terhadap kesehatan gigi masih sangat buruk. Olehnya itu, perlu upaya promotif, preventif dan penyuluhan langsung ke masyarakat. 

    Sehingga dengan hadirnya mahasiswa kedokteran gigi di Bumi Tanadoang untuk melakukan kerja sosial ini diharap mampu menjadi salah satu komponen untuk terwujudnya kesehatan gigi dan mulut di Selayar. 

    "Persoalan kesehatan juga sangat berkaitan erat dengan pariwisata yang menjadi visi utama kita. Maka atas nama pak bupati dan Pemda, dengn jiwa HMI tentu telah sepenuhnya berupaya memberikan yang terbaik dengan memfasilitasi segala proses dan kelancaran kegiatan ini. Mudah-mudahan segala kekurangan dapat dimaklumi," ujar Wakil Bupati Kepulauan Selayar.

    "Semakin besar tantangan yang kita hadapi akan semakin besar nilai kualitas kader. Jadi kalau pun dalam kegiatan ini banyak tantangan dan kendala maka disitulah diuji kualitas kekaderan kita," kunci Saiful Arif mengakhiri sambutannya sekaligus membuka kegiatan Kerja Sosial HMI FKG UNHAS.

    Usai kegiatan serimonial itu berlangsung, dilakukan foto bersama. Turut hadir para Asisten Setda, Kepala OPD, Unsur pengurus KAHMI Selayar, Pengurus PDGI Cabang Selayar, para camat dan beberapa kepala puskesmas.

    Selanjutnya ratusan mahasiswa ini akan disebar ke posko nginapnya masing-masing di setiap Kecamatan. Kemudian akan mulai bekerja pada Selasa besok hingga Kamis. (Tim).
    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU