IKA FH UNS Gelar Halal Bihalal Lintas Angkatan di Joglo Javanologi

IKA FH UNS Gelar Halal Bihalal Lintas Angkatan di Joglo Javanologi

Redaksi
Senin, 24 April 2023

SUARASULAWESI.COM, SOLO – RSC- Alumni Fakultas Hukum (FH) Univesitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar acara Halal Bihalal lintas angkatan. Acara tersebut digelar Joglo Javanologi, Kentingan, Senin, 24 April 2023 malam.

Dengan mengangkat tema `Nguri-uri Paseduluran FH UNS`, ratusan alumni FH UNS dari berbagai angkatan hadir di acara tersebut.

Acara tersebut dihadiri Ketua IKA FH UNS, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh, Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Prof Sajidan, Dekan FH UNS, Prof I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, Wakil Dekan 1 FH UNS, Dr Pujiyono serta para Kajari dari berbagai daerah di Indonesia yang merupakan alumni dari FH UNS.

Ketua Panitia Halal Bihalal Lintas Angkatan Ikatan Alumni FH UNS Djuyamto, SH,MH mengatakan beberapa saat setelah panitia dibentuk, seminggu kemudian panitia sudah bekerja.

“Pertama memikirkan apa konsep yang akan kita persembahkan nanti sebagai bentuk amanah pertanggungjawaban ketika kita dipercaya sebagai panitia, banyak ide-ide yang muncul supaya mbok ojo biasa-biasa wae, kita punya rektor yang penuh inovatif, penuh kreasi, kita punya ketua umum yang inovasinya dikenal tidak hanya nasional tapi internasional, kita punya dekan yang luar biasa memajukan Fakultas Hukum, maka panitia halal bihalal tidak boleh kalah harus memunculkan inovasi dan ide yang menghadirkan suasana halal bihalal yang berbeda,” bebernya.

Djuyamto berharap halal bihalal IKA FH UNS akan menjadi destinasi halal bihalal, karena setiap alumni ketika pulang ke Solo untuk melaksanakan halal bihalal agar tidak hanya berkunjung ke halal bihalal saudaranya tidak hanya dengan orang tuanya tapi halal bihalal IKA FH UNS menjadi tujuan utama ketika di Solo.

“Mari menikmati suasana silaturahmi yang makin mengakrabkan kita semua, acara ini tidak terlepas dari dukungan kita semua bahkan dari yang paling senior humas IKA FH UNS ikut turun gunung untuk mengumpulkan dana supaya acaranya sukses sampai dengan angkatan paling muda,” ulasnya.

Para hadirin juga terdiri dari lintas profesi ada hakim, jaksa atau advokat ada dosen dan sebagainya.

Lanjut Djuyamto, dari rencana anggaran ternyata melebihi dari target “Perlu saya sampaikan kepada hadirin hampir 75% dari sisa anggaran akan kita donasikan ke IKA FH UNS, jadi tidak ada istilah panitia tekor,” terangnya.

Ketua IKA FH UNS, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh mengucapkan terima kasih atas kinerja panitia.

Dia mengingatkan sudah saatnya IKA FH UNS mengadakan Munas kembali.

“Tolong nanti ada yang bersedia menjadi Ketua Panitia Munas, saya tidak berani untuk menjadi Ketua IKA FH UNS dua periode, nanti mohon berkenan untuk yang muda-muda bersedia menjadi Ketua IKA FH UNS,” ulasnya.

Dia menjelaskan halal bihalalh akekatnya untuk saling menghalalkan semua kesalahan, semua kekurangan, mari buang rasa tidak enak di hati, hilangkan salah, kilaf dan dosa.

“Karena kita paham betul dalam pergaulan kita selalu ada friksi diantara kita,” tegasnya.

Sementara Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho menjelaskan acara tersebut sangat membahagiakan bagi keluarga besar IKA FH UNS.

“Kita berkumpul bersama di Joglo Javanologi untuk bersama-sama mengikuti halal bihalal IKA FH UNS yang dilaksanakan pertama kali di lingkungan UNS, fakultas lain belum ada, yang pertama adalah IKA FH UNS,” jelasnya.

Rektor menuturkan perjalanan UNS menginjak di usia 47 tahun.

” Penuh dinamika, dinamika yang terus bergerak menjadi perguruan tinggi berbadan hukum yang meningkat menjadi perguruan tinggi yang mempunyai orientasi menuju World Class University tentu di dalam perjalanannya sangat banyak rintangan,hambatan, gangguan dan sebagainya,” jelasnya.

Dikatakannya alumni adalah sebagai salah satu tiang penyangga universitas.

“Saya merasa sangat terbantu oleh eksistensi keberadaan IKA FH UNS setidak-tidaknya di lingkungan IKA FH UNS bertebaran orang sukses yang sekarang ada di pemerintahan, sebagai wirausahawan, sebagai birokrat dan sebagainya. Ini menunjukkan bahwa kawah Candradimuka yang ada di Fakultas Hukum telah mampu bisa terus-menerus mengantisipasi perkembangan zaman,” bebernya.

“Atas nama pimpinan UNS, saya mengucapkan terima kasih sinergitas antara UNS dan IKA FH UNS, tentu di dalam suasana hari raya ini saya atas nama pimpinan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1414 Hijriah Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin,” tandasnya.

Acara dilanjutkan dengan hiburan musik dari Wawan Teamlo.