Rangka Harkopnas ke 76, Kolaborasi dengan Koperasi lain dengan Stakeholder yang baik.

Rangka Harkopnas ke 76, Kolaborasi dengan Koperasi lain dengan Stakeholder yang baik.

Redaksi
Senin, 31 Juli 2023

SUARASULAWESI.COM, PASURUAN,-Harkopnas ke 76 berlangsung di rumah djoglo kejayan pasuruan,membangun koperasi berbasis kearifan lokal menuju gotong royong yang mandiri,modern,dan berdigital Merupakan hari koperasi yang berorientasi pada bagaimana koperasi bisa menjadi pilar negara. koperasi bisa menjadi pelaku ekonomi yang profesional.Modern dan digital karena memang tuntutan eranya.


 hari koperasi yang berorientasi untuk.Mengajak generasi milenial generasi yang akan meneruskan estafet kepemimpinan di semua sektor termasuk di koperasi itu.Niat dari koperasi yang keempat hari koperasi ini kan hari gerakan koperasi hari di mana para insan insan koperasi.

Suka cita atas prestasi yang dicapai, tetapi kita juga menyadari bahwa masih banyak tantangan yang sangat berat di operasi, baik tantangan internal maupun eksternal di tantangan internalnya adalah bagaimana koperasi koperasi itu menghadap.


Ini persoalan persoalan manajerial sumber daya manusianya yang masih kurang modelnya yang masih terbatas, teknologi yang belum dikuasai dan sebagainya. Itu yang harus lambat laut disadari untuk segera dilakukan perubahan yang 

Sekarang atas kondisi internal yang masih punya hambatan dan banyak masalah. Inilah yang.

Dipicu percepatannya untuk berubah karena adanya transformasi bisnis. Adanya digitalisasi bisnis yang sangat masif adanya perubahan perilaku konsumen, adanya lingkungan strategis yang berupa nah itu yang tidak bisa dihindari.


Maka lanjutan dari kondisi itu diharapkan gerakan koperasi menyadari bahwa.

Saatnya sekarang harus melakukan perubahan, melakukan transformasi bisnis.

Melakukan proses untuk digitalisasi pengelolaan usaha dan organisasinya.


Dengan cara kolaborasi, kolaborasi antar koperasi dan kolaborasi koperasi dengan stakeholder. Jadi pendekatan pentahelix yang dipakai perguruan tinggi kita aja indust.


Tapi kita aja pemerintah kita, ajak masyarakat kita ajak dan gerakan koperasi sendiri yang harus melakukan langkah langkah tersebut.

Itu harapannya koperasi bisa menjadi pelaku ekonomi dominan di segala sektor.


Karena menjadi pilar menjadi pilar ekonomi tuh pekerjaan yang tidak mau.

Jadi target utama di program melalui milenial kulit ya milenial harus kita ajak karena merekalah yang akan menempati posisi strategis dari sisi ekonomi, sosial dan budaya di 5 10 tahun ke depan terkait masalah personal dengan milenial ini.


Hal ini tanggapan seperti apa untuk diajak ke lokasi ya masih belum secara masif ya karena mereka kan.

Banyak faktor yang tidak memahami tentang koperasi kurikulum pendidikannya enggak ada koperasi lagi secara lebih yang kedua citra koperasi masih jelek di media sosial, di media media mainstream. Operasi belum punya citra yang bagus. Terus belum ada demonstrasi koperasi yang besar seperti dukung seperti jarum seperti itu yang bisa dibanggakan sehingga mereka masih punya ya koperasi sebagai pelaku ekonomi yang yang sekedar ada.


Nah ini yang tidak mudah untuk mengedukasi generasi milineal

Masih berbasis sekitar itu koperasi yang sudah menggunakan digital untuk pengelolaan organisasi dan bisnisnya. Contoh pengalaman organisasi minimal rapat anggota sudah menggunakan absensinya digital terus rapatnya sudah digital menggunakan media zoom media media lain ya itu memberikan efek pada efisiensi karena kalau anggotanya 10.000 kumpul itu kan enggak mungkin. Tapi kalau 10.000 kumpul dengan media sosial.


Media media digital itu akan mempercepat pengambilan keputusan di bisnis. Ya sudah menggunakan apa itu finance untuk semua bisnisnya? Dia kalau bisa menerapkan enterprise resource planning ya semua sudah terdigitalisasi financenya sudah bisnisnya sudah terus apa hubungan dengan anggotanya sudah semua terjadi, apakah sudah ada koperasi yang sudah menggunakan sekitar? Sudah banyak contoh misalnya koperasi sahabat.


Saat itulah semua sudah mulai dari rapat anggota sampai ke tata kelola dan ini real team sudah tahu berapa jumlah yang masuk.ini gerakan masif,gerakan yang berdigital tranformasi bisnis yang madih masif dan koperasi harus keluar dari zona nyaman nya dan mulai berorentasi sekturial sesuai dengan perkembangan perekonomian.( Hery Nadional )