LPMG Gelar Pelatihan Pelatih PS, Pdt. Muh. Ramli : Orang Kristen Menyanyi Dalam Ibadah Sebagai Wujud Kesadaran Memuliakan Tuhan

SUARASULAWESI.COM, MAKASSAR - Bermaksud berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang seni musik dan teknik olah vokal kepada insan gereja di daerah ini, Lembaga Pelayanan Musik Gereja (LPMG) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar kegiatan bertajuk "Pelatihan Pelatih dan Calon Pelatih Paduan Suara (PS) yang berlangsung selama 2 hari, Jumat-Sabtu (19-20/01/2024) pagi sampai sore di Gedung Serba Guna GPIB Immanuel Jl. Balaikota No.1 Makassar.

Hajatan pelatihan hari pertama, Jumat (19/01/2024) yang diikuti sekitar 52 peserta utusan dari berbagai gereja di Sulsel dan dibuka secara resmi oleh Ketua LPMG Sulsel Pdt. Muhammad Ramli, M.Th, diawali dengan ibadah pembukaan yang dipimpin Vic. Michelle Tande, S.Th dari Gereja Kristen Sulawesi Selatan (GKSS).

Pdt. Muh. Ramli, M.Th dalam sambutannya menyampaikan, LPMG Sulsel dibentuk atas gagasan beberapa tokoh dan akademisi di bidang seni musik serta olah vokal. Kemudian kepengurusan organisasi pelayanan yang berada dalam naungan Persekutuan Gereja Indonesia Wilayah (PGIW) Sulselbara ini, anggotanya berasal dari berbagai gereja.

Mengutip ayat Alkitab yakni Mazmur 101:1 dan Efesus 5:19, pendeta berdarah asli Kepulauan Selayar ini menegaskan, orang Kristen menyanyi dalam ibadahnya adalah sebagai wujud ketaatan yang terbangun dalam adanya kesadaran umat untuk memuliakan Tuhan lewat nyanyian.

"Alkitab menjelaskan bahwa dari masa pemerintahan Raja Daud, fungsi pemusik di dalam ibadah telah ada. Misalnya pada 1 Tawarikh 25:1 dijelaskan mengenai pengangkatan para pemusik ibadah yang bertugas untuk bernubuat dengan iringan instrumen," ujar Pdt. Muh. Ramli.

Usai acara pembukaan, penyelenggara kegiatan tersebut berkesempatan memperkenalkan beberapa pengurus LPMG Sulsel dan jemaat GPIB di Makassar yang hendak bertarung sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Sulsel dan DPRD Kota Makassar pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Ada 4 orang calon wakil rakyat yang didaulat tampil memperkenalkan dirinya, yakni James L.A. Wehantouw (Partai Solidaritas Indonesia) - Caleg DPRD Kota Makassar, Nomor Urut 2 di Dapil 3 (Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya), kemudian Yohan Calvinus Tinungki, S.Mus, M.Sen (Partai Solidaritas Indonesia) - Caleg DPRD Kota Makassar, Nomor Urut 3 di Dapil 1 (Kecamatan Ujung Pandang, Makassar dan Rappocini).

Selanjutnya, Alfrida Tandi (Partai Solidaritas Indonesia) - Caleg DPRD Kota Makassar, Nomor Urut 3 di Dapil 4 (Kecamatan Panakukkang dan Manggala). Lalu, Avalien F Dalawir (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) - Caleg DPRD Provinsi Sulsel, Nomor Urut 4 di Dapil Sulsel 1 Makassar B (Kecamatan Panakukkang, Manggala, Tamalanrea dan Biringkanaya.

Pelatihan pelatih dan calon pelatih Paduan Suara di hari pertama ini menampilkan nara sumber Pdt. Muhammad Ramli, M.Th dengan topik "Peran Paduan Suara Dalam Ibadah Gereja", dan Dr. Christ Palulungan  membawakan materi "Teknik Olah Vokal Dalam Paduan Suara". Sedangkan di hari kedua besok bakal hadir pembicara Yohan Calvinus Tinungki, S.Mus, M.Sen mengupas 2 materi yakni "Menjadi Pelatih Paduan Suara" dan "Conducting". 


Al Fatih
Lebih baru Lebih lama