Polda Sulsel Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Pallawa 2024 Dengan Mengedepankan Preemtif Dan Preventif Serta Penegakan Hukum

SUARSULAWESI.COM, SULSEL - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) menggelar apel Operasi Keselamatan Pallawa tahun 2024 yang di pimpin langsung Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. CH Patoppoi, S.St., M.K., S.H. di Mapolda Sulsel, Sabtu (02/03/2024) dengan tema "Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju".

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan, dengan mengedepankan fungsi lalu lintas. Kata Wakapolda membacakan amanat Kapolda Sulsel.

Lebih lanjut dihadapan peserta apel gelar pasukan, Brigjen Pol. CH Patoppoi, S.St., M.K., S.H.  menjelaskan waktu dimulainya pelaksanaan operasi yakni terhitung mulai tanggal 4 s.d 17 Maret 2024.

Wakapolda juga menyampaikan bahwa jenis operasi yang dilaksanakan serentak oleh seluruh jajaran Kepolisian ini mengedepankan kegiatan preemtif 40 %, preventif 40 % dan dengan kegiatan penegakan hukum (Gakkum) 20 % melalui ETLE dan tindakan teguran.

Sementara itu Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya, S.I.K., M.H. sebagai Kepala Operasi Tk. Polda (Kaopsda) menambahkan, bahwa tujuan operasi ini adalah agar meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka fatalitas korban laka lantas dan pelanggaran lalu lintas.

“Kecelakaan lalu lintas ini adalah muara dari sejumlah permasalahan lalu lintas dan melalui beberapa kegiatan yang akan kita laksanakan pada saat pelaksanaan operasi keselamatan kita targetkan dapat turun” Ucap Dirlantas

Pada kegiatan preemtif kita akan perbanyak imbauan edukatif dan persuasif kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media elektronik dan cetak, utamanya melalui media sosial. Katanya.

Lanjut kata Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya, S.I.K., untuk kegiatan preventif akan kita tingkatkan pelaksanaan patroli dan gatur (penjagaan dan pengaturan) pada titik-titik rawan laka, macet dan gar lantas.

“Untuk tindakan refresif karena seluruh polres yang ada di kabupaten/kota di Sulsel ini sudah dapat menerapkan ETLE, jadi untuk pelaksanaannya tidak ada masalah” yakinnya.

Tentunya untuk prosedur penindakannya apakah dengan tilang atau teguran akan kita laksanakan selektif prioritas sesuai dengan target-target yang telah ditentukan Korlantas Polri. Tambahnya.

Dirlantas Polda Sulsel juga menghimbau agar masyarakat senantiasa patuh dalam berlalu lintas, mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

“Di wilayah hukum Polda sulsel selama 3 tahun terakhir ini, setiap harinya rata-rata terdapat korban meninggal dunia 3 orang.” bebernya.

"Dan untuk dapat  mengurangi tingkat fatalistas laka lantas ini kita harus bekerja sama, berkolaborasi termasuk dengan melibatkan masyarakat" . Pungkas Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya, S.I.K., M.H.


Penulis : NiarChandra
Lebih baru Lebih lama