Mementum Nuzulul Qur'an, Abdul Rais Ajak Generasi Muda Sebagai Pelanjut Pemimpin Masa Depan

SUARASULAWESI.COM, MAKASSAR - Tingkatkan ketaqwaan dan iman kepada Allah SWT, Pengurus Masjid dan warga Sappabulo memperingati Nuzulul Qur'an dengan mengangkat tema "Membangun dan Mewujudkan Generasi Yang Unggul Dalam Bidang Qurani". Bertempat di Masjid Darussalam Jalan Abdul Kadir II, Kec. Tamalate Kota Makassar, Rabu (27/03/2024).

Beragam kegiatan dalam menyemarakkan dan memperingati sejarah yang dialami oleh umat islam yakni turunnya Al-Qur'an (wahyu) pertama kepada Rasulullah SAW, atau yang kerap disebut Nuzulul Qur'an. Diantaranya dengan menggelar lomba-lomba kegiatan positif bernuansa agama, melaksanakan Pelatihan Dasar Kepemimpinan sebagai bentuk upaya mendorong generasi muda untuk semakin dekat dengan masjid.

Ketua Pengurus Masjid Darussalam Abd. Rais Dg. Gading dalam sambutannya mengatakan, bahwa satu kebanggaan melihat antusiasme warga Sappabulo begitu besar memadati dan mengikuti peringatan Nuzulul Qur'an di masjid yang kita cintai ini.

"Melihat jemaah di masjid ini, yang hadir ternyata berimbang antara orangtua dan anak muda, artinya ini suatu kebanggaan bagi kita semua karena bagaimanapun yang muda akan melanjutkan kepemimpinan kita, generasi muda itu kelak akan mewarnai keadaan daerah kita serta nantinya memberikan nuansa terhadap masjid kita kedepan," ucapnya.

Muda-mudahan pembinaan dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan senantiasa memberi makna agar remaja-remaja kita ini semakin mendekatkan diri ke masjid.

Dalam kesempatan ini, Abd. Rais juga memberikan gambaran dan pemahaman agar di momentum Nuzulul Qur'an yang diperingati di setiap 17 Ramadhan ini mari kita tanamkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, terkhusus kepada adik-adik remaja sebagai generasi penerus.

"Mari kita tanamkan disetiap momen-momen seperti ini untuk selalu menyemarakkan kegiatan positif bernuansa agama agar dapat memberikan warna tersendiri kepada para remaja khususnya generasi yang ada di Sappabulo," ajak Daeng Gading sapaan akrab.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada anak-anak yang tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid Darussalam atas suksesnya kegiatan lomba Semarak Ramadhan dan sekaligus acara peringatan Nuzulul Qur'an yang dilaksanakan saat ini.

"Alhamdulillah kita telah melaksanakan Latihan Dasar (LDK). Melalui bimbingan materi ini, semoga dari sekian peserta LDK muncul beberapa pemimpin yang tentunya bisa kita andalkan," kata Ketua Pengurus Masjid.

"Alangkah berbahagianya, kalau diantara anak-anak kita nantinya muncul sebagai pemimpin yang membawa dan mengharumkan nama Sappabulo," tambahnya.

Di penghujung sambutannya, Abd Rais juga menghaturkan terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus masjid atas kerjasama yang selalu terbina erat serta terima kasih pula kepada jamaah atas dukungan yang diberikan kepada adik-adik remaja didalam menyemarakkan Ramadhan ini.

Acara peringatan Nuzulul Qur'an diwarnai dengan penyerahan hadiah lomba Semarak Ramadhan yang telah diikuti sebayak 60 peserta dari 4 kategori lomba yakni pidato, adzan, tilawah Al-Qur'an serta tadarus dan terjemahannya. Kemudian ditutup dengan pengukuhan Ikatan Remaja Masjid Darussalam periode 2024-2027, secara simbolis oleh Ketua Pengurus Masjid Darussalam Abd. Rais Dg. Gading.


ASWAR - RAMZI
Lebih baru Lebih lama