Menang Terhormat - Kalah Bermartabat

SUARASULAWESI.COM, MAKASSAR - Minggu, 21 Januari 2024. umat Katolik dari berbagai paroki dalam Kevikepan Makassar Keuskupan Agung Makassar, memenuhi paroki Kristus Raja - Andalas. 

Mereka datang bersama menghadiri dan mendoakan perjuangan politik para caleg Katolik dalam pelaksanaan "Misa Perutusan", yang diinisiasi oleh Komisi Kerasulan Awam - KAMS, sebagai kulminasi dari rangkaian awal dari Gerakan Konsolidasi Umat Katolik Memasuki Tahun Politik- 2024 terkait dengan kontestasi demokrasi pilpres dan secara khusus pemilihan Legislatif, dan secara berkelanjutan di hampir semua kevikepan dalam wilayah KAMS.

Pelayanan Misa Perutusan secara bersama oleh Pastor Albert A. Arina selaku Ketua Komisi Kerawam LAMS dan PastoĊ• Ferdinandus Towari, selaku Vikaris Paroki Kristus Raja- Andalas,  berjalan penuh hikmat dan sukacita serta terasa istimewa karena semua petugas liturgi selain organis, para caleg Katolik yang berasal dari ragam partai dan asal paroki yang bertugas. 

Keterlibatan mereka, secara langsung dalam pelaksanaan misa perutusan, sebagai simbol dan memberi pesan yang pertama-tama kepada seluruh umat yang hadir, jika para caleg Katolik adalah semua personal yang hidup dan terlibat dalam eksistensinya sebagai warga gereja Katolik bersama komunitas basis.

Terpancar antusiasme, energi dan kebanggaan dari para caleg yang bertugas, membawa pataka bendera nasional Merah Putih, Bendera Vatikan dan Pataka Komisi Kerawam KAMS saat peraakan masuk, menjadi dirigen, lektor pembaca, pemazmur, doa umat, pembawa persembahan, kolektan dan penyanyi saat komuni.

Dalam homili oleh Pastor Albert menyampaikan dan mengingatkan kepada semua umat semakin dekatnya hari pemilihan. "Umat sebagai warga gereja, agar turut serta menyukseskan pesta demokrasi dengan berbondong-bondong ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024 untuk menunaikan hak demokrasi sebagai warga negara, kata Pastor Albert, mengawali homilinya.

Pada bagian lain, secara internal dan khusus, Ketua Komisi Kerawam KAMS ini berpesan. "Seluruh umat menyatukan persepsi bergerak bersama dan konsolidasi, guna mendorong serta men-support perjuangan politik para caleg Katolik yang potensial pada kontestasi pileg 2024.

Umat diminta untuk dengan sangat dan sungguh solid membantu perjuangan politik para caleg Katolik, agar tidak merasa sendiri. "Kita bersama harus mendoakan dan memberkati para caleg Katolik sebagai bentuk bahwa kita sebagai gereja,  yang mengutus mereka yang terbaik dan siap menerima tugas mulia menjadi aspirator sebagai -voice of the vioceless- menyuarakan suara bagi yang tidak mampu bersuara dalam bidang sosial politik kemasyarakatan," kata Pastor Albert menyakinkan.

"Semua pihak harus siap menang secara terhormat dan siap menerima hasil kekalahan secara bermartabat," tegas kata Pastor Albert mengakhiri homilinya.

Setelah homili dilakukan berkat perutusan dengan memerciki air suci kepada seluruh caleg untuk mengucapkan kredo dan janji perutusan mereka didepan altar. 

Adapun para caleg yang datang menghadiri Misa Perutusan dari tingkat DPR RI ada 3 orang yaitu Benidiktus Papa, Arnoldus Panding keduanya dari PSI dan Patriasius Randa Batara dari Perindo, ketiganya dari Dapil Sulsel 1.

Lalu untuk tingkat DPRD Provinsi, hadir Bartholomeus Tandiayu dari PDIP Dapil 2 Makassar dan Stefanus Suardi Hiong dari Perindo, Dapil 1 Makassar, Magdalena Sumule dari  Nasdem dan Adiwinar dari PSI keduanya dari Dapil 6 Sulsel

Dari DPRD Kota Makassar nampak hadir, Agustinus Bangun dari PSI, Rivan Tandiari dari PDIP dan Marius Mide Juang dari Hanura, dari Dapil 1 Kota Makassar.

William Laurin dari PDIP Dapil 2 Kota Makassar. Yustinus, Agustine Rabung dari PDIP, Remon Hardian dari Gerindra dan Ellyanti Miranda Mean dari Perindo dari Dapil 3 Kota Makassar.

Erika Tansil dan Nikolaus Beni dari PDIP dan Marcel Baan dari Perindo, Dapil 4 Kota Makassar, dan Israel Lebang dan Frans Billiyanto serta Dyah Wulandari Rasman dari PSI, Darius Tangke Allo dari Hanura dan Sienny Wahyuni T dari PDIP, Dapil 5 Kota Makassar. 

Beberapa caleg Katolik yang sebelumnya terkonfirmasi, berhalangan hadir antara lain, Eric Horas dari Gerindra Dapil 1 Kota Makassar, Edward Horas Makassar 1 Provinsi dari Gerindra, Ibu Henny Anastasia Makassar 1 Provinsi yang diwakili oleh suami tercinta hadir, Kristianus Welly Edison dari Demokrat, Dapil Makale - Toraja dan Romi Tandiari, DPR - RI dari Perindo, Dapil Sulsel 3. 

Setelah misa dilanjutkan foto bersama dan ramah tamah para caleg bersama umat dan semua undangan yang hadir baik saat misa dan ramah tamah, selain  Pastor Agustinus Kale'pe, Pastor Paroki Kristus Raja turut hadir sejumlah tokoh umat dari berbagai paroki, para aktifis ormas dan mahasiswa, Depas Paroki Kristus Raja - Bapak Ade Bisono, Bapak Benny S.Onggadi dan Seksi Kerawam Paroki Robert Tjowari dan Suster dari SJMJ. 

Sentire Cum Ecclesia !

Penulis - Viani Octavius
Sekretaris Komisi Kerawam KAMS.
Lebih baru Lebih lama